Selasa, 26 Agustus 2008

Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen

Kalau Anda membeli sebuah sepeda tetapi tidak dengan rodanya, maka sepeda itu tidak akan berfungsi, dengan kata lain sepeda tersebut tidak dapat dikatakan suatu sistem, karena masih ada komponennya yang kurang. Kalau Anda mempunyai sebuah jam tangan digital elektronik yang harganya sampai ratusan ribu rupiah dan mengalami kerusakan total sehingga tidak dapat diperbaiki, maka jam tersebut sudah tidak ada nilainya lagi, walaupun komponen-komponennya Anda jual sendiri-sendiri. Inilah mahalnya suatu sistem. Apakah sistem itu? Suatu sistem dapat didefenisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.

Computer Based Information System (CBIS)

Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Sistem Informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.

  1. Bab 1: Era Globalisasi dan Pentingnya CBIS dalam Berkompetisi
  2. Bab 2: Benarkah Pemakaian Komputer Meningkatkan Nilai dan Kualitas Informasi ?
  3. Bab 3: Observasi dan Studi Kelayakan Membangun CBIS

Dasar Teori Metodologi Penelitian

Setelah beberapa pekan terakhir secara terus menerus membantu rekan dalam mempelajari pemrograman, seorang teman yang sedang kesulitan dalam menyusun tugas akhir meminta saya untuk membantu penelitiannya. Berawal dari kesempatan membantu tersebut, saya mulai mencari beberapa teori tentang metodologi penelitian. Berikut hasil kesimpulan saya tentang dasar teori metodologi penelitian. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman lain yang sedang kesulitan mencari bahan teori untuk penelitian, tugas akhir dan juga teman-teman mahasiswa yang sedang belajar Metodologi Penelitian. Semoga dapat bermanfaat. SEMOGA

Baca Selengkapnya : Metodologi Penelitian


Implementasi Sistem Manajemen File


Dalam sistem operasi komputer mengenal suatu sistem manajemen file. Sistem manajemen file ini perlu diimplementasikan untuk dapat digunakan dalam sistem operasi komputer. Dalam pengimplementasiannya seringkali menimbulkan beberapa masalah, oleh karena itu masalah tersebut harus dapat diselesaikan oleh sistem operasi komputer. Penyelesaiannya memiliki beberapa cara yang masing-masing memiliki keunggulun dan kelemahan tersendiri. Kinerja dari system manajemen file pun memiliki beberapa cara yang dapat digunakan


Mengenal Sistem Teknologi Informasi


Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. TI memang secara nota bene lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer yang tengah terus berkembang pesat.

Sebuah Sistem TI atau selanjutnya akan disebut STI, pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI. Berurutan dari dasar adalah : konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. dindin-sti.zip

Manajemen Proses dan Memori di Linux

Bagian terpenting sistem operasi adalah kernel, merupakan jantung sistem operasi

* Kernel menyediakan tool dimana semua layanan sistem komputer disediakan.
* Kernel mencegah proses aplikasi mengakses mengakses perangkat keras secara langsung, memaksa proses menggunakan tool yang disediakan.
* Kernel memberi proteksi kepada pemakai dari gangguan pemakai lain

Tool Kernel digunakan melalui panggilan sistem (system call). Program sistem menggunakan tool kernel untuk implementasi beragam layanan. Program sistem dan semua program lain berjalan diatas kernel. Program pemakai berjalan di mode berbeda dengan kernel, disebut mode pemakai. Kernel berisi beberapa bagian penting, yaitu:

* Manajemen proses
* Manajemen memori
* Driver-driver perangkat keras
* Driver-driver sistem file
* Manajemen jaringan
* Dan beragam subsistem lain

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. zainal-linux.zip

Membuat Aplikasi Peta Sederhana menggunakan AJAX

Dalam tulisan kali ini penulis mencoba membahas penerapan AJAX (Asynchronous Javascript and XML) untuk membuat aplikasi peta berbasis web. Seperti kita ketahui bersama bahwa AJAX dapat digunakan pada website yang berinteraksi dengan server melalui javascript secara asinkron (background), sehingga pengguna tidak perlu me-load keseluruhan isi page. Hal ini menyebabkan pengiritan waktu dan bandwidth, juga menghasilkan website yang makin interaktif.

Kali ini sengaja penulis tidak menjelaskan secara detail mengenai teori-teori AJAX karena teori-teori tersebut sudah pernah penulis bahas di artikel sebelumnya yang berjudul Membangun Aplikasi Web Menggunakan AJAX. Berikut ini URL address yang menunjukkan artikel dasar-dasar AJAX tersebut diatas
http://ilmukomputer.com/2007/07/10/membangun-aplikasi-web-dengan-ajax
Silakan download artikel lengkap dan contoh source pada link ekoheri-petaajax.pdf dan ekoheri-petasourcecode.zip dibawah ini

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. ekoheri-petaajax.pdf
  2. ekoheri-petasourcecode.zip

Sekilas tentang Knowledge Management


Knowledge Management (KM), bisa kita artikan dengan manajemen pengetahuan. Apakah itu manajemen pengetahuan ? Manajemen, ialah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan.

Sedangkan pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, contoh, Koran, majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia.

Jadi untuk pengertian manajemen pengetahuan adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. hendrik-km.zip

Teknologi Informasi untuk Perpustakaan: Perpustakaan Digital dan Sistem Otomasi Perpustakaan


Perkembangan dunia perpustakaan, dari segi data dan dokumen yang disimpan, dimulai dari perpustakaan tradisional yang hanya terdiri dari kumpulan koleksi buku tanpa katalog, kemudian muncul perpustakaan semi modern yang menggunakan katalog (index). Perkembangan mutakhir adalah munculnya perpustakaan digital (digital library) yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer (internet). Di sisi lain, dari segi manajemen (teknik pengelolaan), dengan semakin kompleksnya koleksi perpustakaan, saat ini muncul kebutuhan akan penggunaan teknologi informasi untuk otomatisasi business process di perpustakaan. Sistem yang dikembangkan kemudian terkenal dengan sebutan sistem otomasi perpustakaan (library automation system). Makalah ini menguraikan tentang pemanfaatan teknologi informasi, khususnya dalam pengelolaan data elektronik dan sistem otomasi perpustakaan dari berbagai sudut pandang.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. romi-otomasiperpustakaan-15september2006.pdf

Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet


Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Sayang sekali masalah keamanan ini sering kali kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi. Seringkali masalah keamanan berada di urutan kedua, atau bahkan di urutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. Apabila menggangu performansi dari sistem, seringkali keamanan dikurangi atau ditiadakan. Buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi menyeluruh tentang keamanan sistem informasi dan dapat membantu para pemilik dan pengelola sistem informasi dalam mengamankan informasinya.

Buku ini disebarkan secara gratis oleh Budi Rahardjo melalui situs http://budi.insan.co.id

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. budirahardjo-keamanan.zip

Sekilas tentang Sistem Informasi Geografis


Sistem Informasi Geografis (SIG) atau juga dikenal sebagai Geographic Information System (GIS) akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang berarti seiring kemajuan teknologi informasi. Bergulirnya otonomi daerah beberapa tahun lalu dan peningkatan kebutuhan akan perlunya informasi kebumian dalam rangka pengelolaan sumberdaya alam menjadi pemicu peningkatan ini di Indonesia.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. arifdarmawan-gis.zip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini :