Selasa, 26 Agustus 2008

Belajar Membuat Website

Belajar Membuat Website

Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.

Pertama, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu, “Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.”

Mengapa dimulai dengan mengajukan pertanyaan tersebut? Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat website. Jangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.

Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.

Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website. Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya.
Dan Anda bisa mendownload artikel lebih lanjut melalui link yang disediakan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

Tutorial Membuat Website Gratis

Dalam membuat website ada 2 komponen yang harus dipersiapkan yaitu domain dan web hosting. Domain adalah nama dan alamat dari sebuah website contohnya namadomain.co.cc dan Web Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website pada server yang terhubung dengan jaringan internet. Saat ini banyak sekali perusahaan di indonesia maupun di luar negeri yang bergerak di bidang jasa pendaftaran domain dan penyediaan paket web hosting. Dengan tingkat persaingan yang ketat saat ini, sampai-sampai ada beberapa perusahaan domain dan hosting yang memberikan layanannya secara gratis dan Anda dapat memanfaat hal tersebut untuk membuat website Anda dengan biaya hampir nol, sebab biaya normal untuk pembelian domain kira-kira Rp.80.000,- per tahun dan untuk web hosting kira-kira Rp. 360.000,- pertahun untuk paket pemula.

Bila Anda membuat website untuk kepentingan personal atau bisnis kecil, Anda bisa mengambil domain dan web hosting gratis dan bila Anda membuat website untuk kepentingan bisnis besar, tentunya sebaiknya Anda menggunakan domain dan web hosting yang berbayar, hal ini dikarenakan dengan kebutuhan spesifikasi web hosting yang diberikan untuk menunjang kebutuhan website Anda. Dan setelah Anda mempersiapkan domain dan hosting, langkah selanjutnya Anda baru membuat website.

Anda bisa mendownload artikelnya lebih lanjut dan semoga bermanfaat,

David Odang, PemasarIndonesia.com

Upload Website Menggunakan Hosting Gratis

Membuat website adalah suatu hal yang sudah biasa di masa sekarang ini. Setelah kita membuat website, supaya bisa diakses dari internet, maka kita harus mempublishnya / meletakkan di server Hosting. Atau istilahnya kita meminjam tempat /space pada hardisk yang berada di komputer server milik penyedia layanan Web Hosting. Sudah banyak sekali tempat yang menyediakan layanan ini.

Membuat Efektif Keyword


Rieset keyword adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan jika anda anda ingin mencapai target sukses dalam search engine marketing.
Jika anda mengoptimalkan keyword yang salah, maka anda tidak akan pernah mendapatkan targeted visitor, seperti yang dijelaskan dalam tutorial meta description ini.

Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:

1 – Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut 2x
2 – Gunakan Tool Riset Keyword
3 – Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi
4 – Rencanakan Langkah Anda
5 – Submit ke Search Engine
Penjelasan:

1 – Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut 2x

Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata / kalimat yang berhubungan dengan situs anda. Penargetan keyword tergantung pembahasan dari website anda, contoh jika pembahasan website anda tentang berita maka anda dapat menarget keyword “news“, jika pembahasan tentang hosting maka keyword “hosting gratis” yang dipakai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini :