Senin, 01 September 2008

10 Teknologi Paling Berpengaruh saat ini



10 Teknologi Paling Berpengaruh saat ini



Perkembangan teknologi abad ini berjalan sangat cepat, sehingga baru saja kita mengenal suatu teknologi baru, tak lama kemudian disusul dengan munculnya teknologi yang lebih baru. Begitu juga, munculnya suatu standar baru yang belum sepenuhnya diadopsi secara luas, diikuti dengan berbagai standar yang lebih baru lagi.

Dari berbagai teknologi baru itu, meski tak terkategori buruk, banyak juga teknologi yang tak mendapatkan momentum luas dalam pengembangannya. Sebaliknya, tak sedikit juga teknologi baru yang sangat inovatif, yang bukan saja menyediakan solusi paling baru, melainkan berpotensi mengubah lingkungannya, atau bahkan industri di mana teknologi itu digunakan.

Dalam kondisi dimana daur hidup ( lifecycle ) suatu produk atau teknologi cukup pendek, kami mencatat ada arus besar teknologi-teknologi yang diperkirakan banyak kalangan akan sangat berpengaruh pada tahun-tahun mendatang ini. Pengaruhnya, tak jarang, berpotensi merevolusi suatu industri, karena lebih potensial dibandingkan teknologi-teknologi sebelumnya.

Kami percaya, jumlahnya memang sangat banyak, namun khusus yang terkait dengan teknologi informasi dan Internet, setidaknya ada sepuluh teknologi yang masuk dalam kategori itu. Kesepuluh teknologi itu, yang kami tampilkan dalam Focus kali ini, adalah:

Home Networking

Ultra-wideband (802.15.13a): Bayangkan suatu saat Anda dapat menonton TV yang secara nirkabel dapat mengirim tiga program yang berbeda ke layar monitor yang berbeda pula. Ini tak lain berkat kemajuan teknologi nirkabel baru yang disebut Ultra-wideband (UWB), yang bercatu daya rendah, hemat biaya dan mampu mentransmisikan data 45 kali kecepatan Wi-Fi yang ada saat ini. Tak lama lagi, teknologi ini akan berada di ruang keluarga Anda dan siap Anda dan keluarga gunakan.

Wireless Broadband

WiMax (802.16d & 802.16e): WiMax ( Worldwide Interoperability for Microwave Access ), meski dikatakan tak akan menggantikan Wi-Fi yang ada sekarang ini, namun sebagai jejaring nirkabel yang mampu menjangkau area yang lebih luas, sekitar 30 mil (50an kilometer) dan transmisi data berkecepatan tinggi, tak terelakkan akan sangat berpengaruh juga nantinya. WiMax, saat ini, boleh dikata sebagai teknologi yang sangat dinanti-nanti, terutama oleh kalangan operator dan, bahkan, diprediksi akan mengubah peta industri telekomunikasi dan Internet. Teknologi ini juga sekaligus akan menjadi tantangan berat bagi para penyedia jasa Internet (ISP) yang ada sekarang ini, terutama yang kecil dan menengah.

Supply Chain

RFID: Teknologi yang satu ini dalam kurun dua tahun belakangan ini sangat banyak dibicarakan orang, terutama dari kalangan industri ritel. Namun, RFID ( Radio Frequency Identification ) tags, memang belum banyak digunakan. Tetapi, kepeloporan Wal-Mart telah mendorong perubahan besar-besaran dalam supply chain . Tahun 2005 mendatang, Wal-Mart telah berkeputusan untuk mengharuskan semua para pemasoknya menerapkan RFID tags . Wal-Mart sendiri, pada Januari 2005, setidaknya sudah menerapkan 4 persen RFID reader di jalur ritel dan distribusinya. Hal ini tampaknya akan diikuti oleh para peritel lainnya di seluruh dunia.

Computer Memory

MRAM: Magnetoresistive Random Access Memory diperkirakan akan merevolusi industri PC dunia, terutama karena teknologi ini memiliki kecepatan 1.000 kali lebih cepat dibandingkan nonvolatile flash memory dan hampir 10 kali lebih cepat dari DRAM ( Dynamic Random Access Memory ). "Nonvolatile" berarti bahwa dengan teknologi MRAM memungkinkan mempertahankan memori meskipun sumber dayanya terputus. Selain itu, konsumsi energinya rendah, sehingga sangat cocok digunakan untuk komputer dan ponsel masa depan.

Software

Antispam software (yang bekerja efektif): Ke depan, serangan email spam terhadap komputer Anda tak akan semakin berkurang, malah akan tambah menumpuk. Selain kecepatan perkembangan spam, yang juga berpeluang membawa serta virus, maka piranti lunak antispam (yang benar-benar efektif), diperkirakan akan semakin banyak dibutuhkan dan digunakan. Tujuannya bukan saja untuk menghadang arus spam, melainkan juga menangkal potensi terserang virus dan penurunan nilai produktivitas kerja.

Content Protection

Digital Rights Management: Windows Media digital rights management (DRM) merupakan suatu platform yang fleksibel yang memungkinkan melindungi dan mengamankan pengiriman dan berlangganan konten, misalnya musik atau video, yang akan dimainkan baik di komputer, perangkat portabel atau dalam suatu jejaring. Hal ini akan menguntungkan bagi mereka yang berkeinginan menciptakan, mengirimkan atau memainkan konten yang terproteksi dan dapat dinikmati oleh para konsumen di mana saja diinginkan dan pada perangkat yang mereka senangi. Teknologi ini akan membuka jalan utama komersialisasi konten (musik atau video) melalui jalur maya. Ada banyak jenis solusi yang dikembangkan, selain dari Microsoft.

Open Source

Linux: Peranti lunak open source memang bukan hanya Linux. Namun, munculnya Lindows, yang berbasis Linux berhadapan dengan Windows, yang dikembangkan Microsoft dan bersifat proprietary , dan telah digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer dunia, mungkin akan menciptakan peta baru dalam pengembangan peranti lunak. Ke depan, perkembangan Linux dan peranti lunak open source lainnya tak bisa dianggap ringan. Adopsi Linux akan terus meningkat, meski menurut Microsoft, Linux masih belum akan mengancam penggunaan Windows setidaknya hingga tahun 2007. Tahun 2004 ini, menurut IDC sekitar 11% pasar server yang terjual di Amerika menggunakan Linux sebagai sistem operasinya, sedang Windows 34% dan Unix 37%. Keputusan beberapa negara untuk menggunakan open source belakangan ini, tampaknya akan menjadi momentum baru adopsi open source , termasuk Linux, secara lebih intensif.

Computer System

Grid Computing: Konsep grid computing sendiri memang bukanlah hal baru. Secara garis besar, konsep ini berangkat dari prinsip “tidak boleh ada PC menganggur”. Mesin virtual yang disebut grid computing ini tidak memandang sistem operasi (OS) atau platform perangkat keras yang diajaknya berkolaborasi. Ketika Anda membutuhkan data, Anda akan mendapatkan sebanyak yang Anda butuhkan, kapan saja Anda inginkan. Inilah visi Grid Computing : data dan komputasi yang ada di mana saja dan selalu tersedia. Teknologi ini diperkirakan akan menarik banyak orang yang akan menarapkannya, khususnya kalangan perusahaan atau enterprise.

Peer-to-Peer

Datapod, sekarang menjadi BeInSync. BeInSync adalah teknologi jejaring peer-to-peer dengan enkripsi SSL untuk mengamankan data yang ditransmisikan. Dengan teknologi ini, seorang pengguna yang memiliki beberapa komputer, misalnya di kantor dan di rumah, dapat menggunakan BeInSync atau DataPod untuk menjaga arsip, email, buku alamat atau alamat web yang sering dikunjungi akan tersinkronisasi satu sama lain. Ketika data diperbarui di satu komputer, secara otomatis ia akan memperbarui yang lain. Pengguna juga dapat berbagai data dengan pengguna DataPod lainnya. Yang menarik, pengguna bukan saja dapat berbagi data dan informasi, melainkan dapat mengaksesnya darimana saja diinginkan atau ketika tengah dalam perjalanan. Teknologi ini diperkirakan akan banyak digunakan, karena ia memberi fleksibilitas dan kebebasan yang lebih besar, sambil tetap menyinkronikan setiap data dan informasi yang diperbarui.

Digital Magazine

Zinio: Teknologi majalah digital ini diperkirakan akan merevolusi industri penerbitan dunia, karena ia menguntungkan tidak hanya bagi pembaca, melainkan juga penerbit dan pemasang iklan. Kenikmatan membaca majalah dalam edisi cetak dibawa ke dalam format digital, sehingga Anda tetap dapat membaca konten majalah yang sama, grafis yang sama dan tampilan yang sama tetapi di desktop atau laptop. Selain memberi pengalaman membaca yang baru, juga lebih bebas dan menyenangkan. Hingga kini, tak kurang dari 19 juta orang telah membaca sekitar 120 jenis majalah ternama dunia yang telah didigitalkan dari sekitar 40 penerbit besar mancanegara di lebih dari 200 negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini :