Selasa, 09 September 2008

Jalur Pendidikan Teknologi Informasi

Jalur Pendidikan Teknologi Informasi



Tersedia beberapa jalur pendidikan untuk mendalami bidang teknologi ini. Baik jalur formal maupun informal, dan bahkan dengan standar nasional maupun standar internasional. Untuk jalur informal berbagai alternatif tersedia, baik dengan belajar sendiri dengan membentuk kelompok. Metoda yang diambil pun berbagai macam yang dapat dilakukan, melalui teks book, diskusi dan sebagainya. Sedangkan untuk formal biasanya dilakukan dengan metoda terstruktur, baik materi maupun sistem pengajarannya, melalui institusi pendidikan. Sedangkan dari aspek institusi pendidikannya sendiri pemerintah membaginya atas dua kelompok, yaitu:

Pendidikan Kejuruan

Melalui sekolah menengah yang langsung mengarahkan siswanya ke bidang informatika itu sendiri. Sekolah ini biasanya berada pada level sekolah menengah, Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu contohnya. Kelompok ini berada dibawah naungan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Pendidikan Tinggi

Disebut juga dengan Perguruan Tinggi. Pendidikan pada kelompok ini khususnya dapat ditempuh oleh mereka yang telah menamatkan pendidikan pada level SMU atau yang sederajat. Kelompok ini berada dibawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional. Terdapat lima jenis institusi yang berhak menyelenggarakannya, yaitu:


*Akademi dan Politeknik
Akademi ini lebih cenderung kepada suatu kelompok disiplin ilmu, misalnya Akademi Manajemen Informatika dan Komputer.
Politeknik mirip dengan akademi, namun tidak cenderung pada suatu kelompok disiplin ilmu. Sedangkan informatika atau yang sejenis dapat diselenggarakan oleh Politeknik ini. Pendidikan yang dikelolanya dibagi atas tingkatan lamanya pendidikan yang disebut dengan diploma.
*Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas.
Perguruan tinggi ini biasanya menyediakan layanan pendidikan tidak hanya untuk pendidikan Diploma saja, namun juga dapat membuka pendidikan hingga strata 3, atau S3.
Kursus

Untuk jalur resmi, biasanya pendidikan ini memiliki nama awal Lembaga Pendidikan. Ada juga tidak menggunakan nama tersebut pada awal namanya, dan dikelola langsung oleh vendor suatu produk, baik software maupun hardware dan jaringan.



___________
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini :